Cara Tepat Narik Motor Mogok Saat Turing

Cara Tepat Narik Motor Mogok Saat Turing

Bayangin, jika  motor yang loe tunggangi tiba-tiba mogok atau kehabisan bensin saat melintasi alam terbuka yang jauh dari bengkel dan SPBU.  Pasti nyebelin. Umumnya, biker akan mendorong motor kawannya yang mogok. Cara yang paling sering dilakukan,  mendorong dari arah belakang, menggunakan satu kaki yang bertumpu di knalpot motor yang sedang mogok.

Keseimbangan loe tentu menjadi berkurang ketika harus mendorong motor ngadat menggunakan kaki seperti itu. Di samping itu, konsentrasi juga menjadi terpecah.  Nah, solusi berikut ini patut dipertimbangkan.

Bawalah selalu tali atau sling sepanjang 5 – 6 meter saat melakukan turing. Fungsinya sebagai penarik bila sewaktu-waktu motor kawan harus mogok. Pilih tali yang kuat. Tali nylon, atau webbing yang sering digunakan sebagai alat pengaman atau harness.

Ada dua cara menarik motor mogok yang dapat dipraktikkan. Cara pertama sebagai berikut, Pasang tali di bagian pijakan kaki (footstep)  depan sebelah kanan motor penarik. Ikat kuat-kuat  tali tersebut. Lalu ujung yang lain diikat di bagian footstep depan sebelah kiri motor yang ditarik (motor mogok). Lalu mengapa tali harus diikatkan pada footstep bagian depan? Alasannya, bagian tersebut merupakan titik berat kendaraan yang menjadi pusat keseimbangan sepeda motor. Sehingga pemasangan tali seperti itu bertujuan untuk meminimalkan terjadinya gangguan keseimbangan saat sepeda motor sedang berjalan.

Cara kedua, tali dibuat simpul menyerupai huruf “Y”. Kedua ujungnya kemudian diikatkan di bagian footstep kiri dan kanan motor penarik.  Pastikan simpul “Y” tersebut berada di posisi tepat di tengah jok motor penarik. Lalu bagian ujungnya menuju ke arah motor yang mogok. Pastikan pula posisi ikatan tali berada tepat  di garis tengah (center line) motor, menjulur di bawah lampu depan motor yang ditarik. Kemudian sisa tali ditambatkan secara longgar di bagian setang motor.

Disarankan agar biker yang lebih berpengalaman mengendarai motor yang berada di belakang. Proses pengereman didominasi oleh motor yang ditarik. Sementara itu, motor penarik wajib mempertahankan kecepatan agar selalu dalam kondisi pelan dan konstan.

Nah, selalu kompak dan berhati-hati di jalan brosis..

 

Foto: Cycleworld.com

 

WHAT'S NEW

Fungsi Penting Oli Gardan pada Motor Matic

Teknik Tambal Ban Mana yang Paling Ampuh, Dibakar atau Tip Top?

Agar Perjalanan Lancar dan Aman , Berikut Tips Turing dengan Motor Matic

Fungsi Roller Pada Motor Matic yang Perlu Brad dan Sis Ketahui  

Benarkah Motor Tua Butuh Oli yang Lebih Kental?

Tips Merawat Spare Part Rantai Motor Agar Tak Cepat Rusak

-->