Fungsi Penting Oli Gardan pada Motor Matic

Fungsi Penting Oli Gardan pada Motor Matic

Pada setiap motor matic, terdapat dua jenis pelumas atau oli yang membantu proses pergerakan pada mesin, yaitu oli mesin dan oli gardan. Sebagai informmasi, oli gardan yang juga biasa disebut dengan gearbox berada di CVT dan dekat dengan ban belakang. Dan ternyata, meski memiliki fungsi yang berbeda, namun serupa pentingnya. 

Karena memiliki usia pakai yang terbilang cukup lama, kadang kala para bikers abai untuk memperhatikan kondisi oli gardan pada motor maticnya. Padahal, sebagaimana bagian lain pada motor, oli gardan juga perlu untuk diganti secara berkala. Jika berdasarkan ketentuan, oli gardan sebaiknya diganti setiap kali motor matic yang Brad dan Sis punya sudah menempuh jarak 8000 km atau setidaknya berusia 8 bulan. 

Ini penting diperhatikan, karena oli gardan memiliki peranan penting untuk  melumasi dan melancarkan kinerja gear ratio pada transmisi otomatis. Sehingga motor bisa tetap melaju dalam keadaan baik dan sehat. Karena, jika Brad dan Sis tidak mengganti oli gardan dalam rentang waktu yang cukup lama, dapat mengakibatkan kerusakan komponennya yang bisa ditandai dengan munculnya suara berisik dari dalam box CVT.

Selain itu, lupa mengganti oli gardan akan membuat komponen di dalam box CVT tidak terlumasi dengan baik saat terjadi perpindahan gigi otomatis. Hal ini dikarenakan kekentalan oli yang sudah berkurang, sehingga gesekan terjadi antar komponen yang kemudian menyeluarkan suara bunyi berisik. 

WHAT'S NEW

Teknik Tambal Ban Mana yang Paling Ampuh, Dibakar atau Tip Top?

Agar Perjalanan Lancar dan Aman , Berikut Tips Turing dengan Motor Matic

Fungsi Roller Pada Motor Matic yang Perlu Brad dan Sis Ketahui  

Benarkah Motor Tua Butuh Oli yang Lebih Kental?

Tips Merawat Spare Part Rantai Motor Agar Tak Cepat Rusak

Agar Tak Tertipu, Begini Tips Belanja Spare Part Motor di Online Shop

-->