Teknik Tambal Ban Mana yang Paling Ampuh, Dibakar atau Tip Top?

Teknik Tambal Ban Mana yang Paling Ampuh, Dibakar atau Tip Top?

Prahara ban bocor di tengah jalan, memang sering jadi kejadian menyebalkan untuk para bikers. Buat Brad dan Sis yang mengendarai motor dengan ban tubeless, mungkin bukanlah masalah besar. Tapi berbeda cerita bagi para pengendara yang motornya masih menggunakan ban dalam. Karena biasanya, ketika ban motor yang menggunakan ban dalam bocor. Ada dua cara yang biasanya dilakukan untuk mengatasi persoalan, dibakar atau ditempel menggunakan stiker khusus yang biasa kita kenal dengan sebutan tip top. Lalu, jika harus dibandingkan. Manakah cara yang paling efektif untuk mencegah kebocoran pada ban dalam? 

Dilansir dari berbagai sumber, sebenarnya kedua teknik tambal ban yang tadi sudah disebutkan serupa bagusnya. Akan tetapi, menambal ban dengan teknik dibakar disebut-sebut jauh lebih awet. Hal ini bisa kita lihat, dari teknik penambalan yang dilakukan. Ada proses press yang memaksa karet tambalan menyatu lebih kuat pada sisi ban dalam yang bocor, sehingga ini akan membuatnya lebih kuat untuk mencegah kebocoran yang sama. 

Walau harus diakui pula, bagi beberapa bikers metode ini memang sering membosankan. Karena cukup memakan waktu saat pengerjaan. Untuk bisa menemukan titik bocornya saja, ban dalam harus dibongkar dari ban luar, mencari titik bocor, untuk selanjutnya bisa ditambal setelah sebelumnya permukaan ban juga harus dibersihkan. Setelahnya dibaluri perekat khusus, kemudian kita bisa menempel ban dengan karet kanisir. Berikutnya bakar dengan peralatan khusus lagi agar hanya bagian yang ditempeli kanisir tadi yang meleleh. Proses pembakarannya paling cepat memakan waktu 5 menit. Kalau, sedang ingin buru-buru, memang cukup merepotkan ya Brad dan Sis. 

Sementara itu, jika tambal ban dikerjakan dengan model tip top. Memang akan lebih cepat dari segi waktu pengerjaan. Karena hanya butuh menempel lapisan yang disebut patch pada permukaan ban yang bocor. Akan tetapi, tidak akan bertahan lama untuk menahan tekanan angin dari luban ban dalam yang bocor. begitu kuat menahan tekanan angin dari lubang yang bocor. Dan yang lebih parahnya lagi, sering jadi asal mula kebocoran lain di sekitar permukaan ban yang sama. 

WHAT'S NEW

Fungsi Penting Oli Gardan pada Motor Matic

Agar Perjalanan Lancar dan Aman , Berikut Tips Turing dengan Motor Matic

Fungsi Roller Pada Motor Matic yang Perlu Brad dan Sis Ketahui  

Benarkah Motor Tua Butuh Oli yang Lebih Kental?

Tips Merawat Spare Part Rantai Motor Agar Tak Cepat Rusak

Agar Tak Tertipu, Begini Tips Belanja Spare Part Motor di Online Shop

-->