5 Penyebab yang Membuat Motor Sulit Distarter

5 Penyebab yang Membuat Motor Sulit Distarter

Untuk mendukung inovasi yang ada dalam dunia otomotif, produsen sepeda motor juga ikut berinovasi. Kini, cukup dengan menekan tombol saja sepeda motor bisa dengan mudah menyala dan dibawa berkendara. 

Akan tetapi, sebaik-baiknya perubahan pasti ada resiko dan minusnya. Begitu pula fitur starter pada kendaraan roda dua yang bisa mengalami kerusakan. Nah, kalau sudah begini kira-kira apa yang perlu kita pahami dan lakukan untuk mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab yang membuat motor sulit distarter. 

Starter elektrik kotor

Perubahan cuaca dan musim yang sudah dilalui oleh sebuah motor, bisa juga berpengaruh pada fiturnya. Salah satunya adalah, air hujan atau debu jalanan yang kemungkinan besar mengendap dalam bagian starter. Maka, bukan tidak mungkin jika kondisi ini dapat mengakibatkan mesin motor susah dinyalakan. Agar bisa digunakan kembali, Brad dan Sis bisa membersihkan starter bagian dalam terlebih dahulu sebelum menyalakannya. 

Aki Motor Lemah

Brad dan Sis perlu tahu, jika aki yang sudah melemah kemungkinan besar tak lagi mampu meyuplai listrik dengan maksimal untuk membantu sistem kerja tiap-tiap unit pada motor. Salah satunya adalah fitur starter. Untuk bisa mengetahuinya, kita bisa mengeceknya dengan menekan tombol klakson, apakah lampu sein menyala dengan baik, karena jika tidak berfungsi maksimal sudah dipastikan akinya sudah soak dan perlu diganti. 

Dinamo Starter Sudah Melewati Usia Pakai 

Faktor selanjutnya yang bisa menyebabkan starter tidak bisa menyala adalah kerusakan pada dinamo starter. Karena faktanya, setiap barang atau spart part yang melekat pada suatu motor, umumnya memiliki rentang waktu pakai tertentu. Dimana, jika sudah melewati batasnya, biasanya akan rusak dan butuh diganti dengan yang baru. Nah, jika memang mengalami kerusakan, yang bisa Brad dan Sis lakukan adalah melakukan servis ke spesialis dinamo. Akan tetapi, jika memang memungkinan, sebaiknya diganti. 

Busi Motor Melemah

Seperti yang tadi sudah disebutkan diatas, setiap spare part yang disematkan dalam motor memiliki usia tertentu dalam hal penggunaan. Jika fitur starter pada motor yang Brad dan Sis miliki mendadak  mati dan tak bisa dinyalakan. Ada kemungkinan hal tersebut dikarenakan Busi yang sudah usang. Sehingga sulit untuk menciptakan percikan api, yang biasanya akan membantu proses starter pada motor. Jika ternyata, benar busi motor sudah usang sebaiknya diganti saja. 

Dan yang Terakhir Kebocoran Kompresi

Nah, bagian terakhir yang perlu untuk diperiksa adalah kompresi motor. Jika motor Brad dan Sis masih memiliki kick starter, cara mengeceknya adalah dengan melepas busi, lalu tutupkan lubang busi dengan ibu jari. Kemudian lakukan starter menggunakan kick starter, jika tekanan pada kick starter terasa loss, berarti ada kebocoran di kompresi motor Anda.

Bila di sela itu mudah dan enteng tidak ada hambatan. Ada 2 kemungkinan, pertama karena klep-nya bocor atau ring piston dengan dinding silinder ada bocor juga. Jadi sebaiknya, segera dibenahi saja. 

 

WHAT'S NEW

Tanpa Biaya, Brad dan Sis Bisa Perbaiki Data STNK yang Salah

Miliki Alat Pengukur, Polresta Solo Akan Tilang Knalpot BisingĀ 

Brad dan Sis Tahu Nggak, Kenapa Pemotor Perlu Turun Saat Mengisi Bensin?

Suzuki GP125 : Motor Keren era 80-an yang Sekarang Jadi Buruan

Punya Cerita Kopdar yang Seru? Yuk Ceritakan Disini

Sebenarnya, Kapan Waktu Turing yang Paling Aman?

-->