Agar Perjalanan Lancar dan Aman , Berikut Tips Turing dengan Motor Matic

Agar Perjalanan Lancar dan Aman , Berikut Tips Turing dengan Motor Matic

Turing bukan cuma buat mereka yang memiliki motor gede, Brad dan Sis yang hanya punya motor matic juga bisa melakukannya. Lagipula ini akan lebih terkesan praktis, karena motor matic mudah untuk digunakan. Tapi, sebelum berangkat tentu haruslah ada persiapan. Perhatian apa  yang perlu dibawa dengan yang tak perlu. Lihat mana yang harus disiapkan agar perjalanan turing makin menyenangkan. 

Jangan sampai, karena kurang pemahaman. Kegiatan turing yang ingin dilakukan jadi terhalang dan berantakan. Lalu, apa saja hal-hal yang perlu dipersiapan sebelum berangkat turing dengan motor matic? Berikut adalah tipsnya. 

Cek Kondisi Ban, Pastikan Siap untuk Berkendara Sepanjang Jalan

Karena perjalanan turing biasanya akan ditempuh dengan jarak yang cukup jauh. Kita perlu memastikan lagi, apakah ban motor matic yang dimiliki sudah cukup kuat di sepanjang jalan. Karena biar bagaimana pun, motor matic dengan ban yang sudah gundul tidak bisa dipaksakan untuk dibawa turing. Karena, ban yang gundul bisa menyebabkan pengendara tergelincir atau lepas kendali karena ban pecah. Nah, untuk menghindari segala kemungkinan bahaya tersebut, sebaiknya sebelum turing sebaiknya Brad dan Sis ganti ban dengan yang baru.

Perhatikan Juga Cek Belt CVT

Touring dengan motor matic akan terasa aman dan menyenangkan apabila Brad dan Sis rutin mengecek belt CVT (Continous Variable Transmission). Saat mengecek belt CVT ini, perlu memperhatikan pemakaian dan standar ketebalannya. Untuk kondisi ini, Brad dan Sis bisa melihatnya dalam buku service manual motor. Karena, setiap motor memiliki acuan yang berbeda-beda. Akan tetapi, pada umumnya penggantian perlu dilakukan saat pemakaian sudah mencapai 20.000-25.000 km. Jika di atas angka tersebut masih digunakan, maka akan sangat beresiko. Jadi, sebelum turing jangan sampai yang satu ini terlewatkan. 

Pastikan Kondisi Rem Juga Aman

Trek di sepanjang jalanan turing, biasanya tak selalu datar dan landai. Jadi Brad dan Sis juga perlu memerhatikan kondisi rem dalam pada motor matic yang akan dipakai untuk turing. Mulai dari memperhatikan minyak rem hingga ketebalan kampas rem pada motor. Pastikan semua komponen tersebut berfungsi dengan baik. Jika Brad dan Sis, merasa ada hal yang aneh pada komponen tersebut, jadi lebih baik jika Brad dan Sis memeriksakan kondisi tersebut ke bengkel terdekat. Biar bagaimana pun, kondisi rem yang baik akan menjaga keselamatan sepanjang perjalanan. 

Lalu, Apakah Lampu Motor Menyala Sesuai Fungsi?

Meski perjalanan turing yang direncanakan akan dilakukan pada siang hari. Kondisi lampu motor tetap jadi poin penting yang harus diperhatikan. Karena tidak hanya berfungsi sebagai penerang jalanan, lampu yang sudah tak layak pakai bisa membahayakan kitan selama perjalanan. Atau mengecoh pengendara lain yang ada di belakang. Dan yang lebih parah bisa mengakibatkan kecelakaan jika ternyata lampur motor matic yang akan kita gunakan turing tidak berfungsi dengan maksimal.

Dan Jangan Lupa untuk Menyiapkan Perlengkapan Diri Sendiri 

Setelah selesai mempersiapkan motor dan kelengkapannya. Hal lain yang tak kalah penting adalah, mempersiapkan keperluan pribadi Brad dan Sis untuk turing. Mulai dari helm, sepatu, jaket touring hingga kebutuhan pribadi lainnya. Sebagai persiapan, Brad dan Sis juga perlu membawa beberapa benda lain dengan menyesuaikan waktu turing. Misalnya, bawa jas hujan saat musim hujan atau bekal makanan jika berangkat di malam hari.

 

WHAT'S NEW

Fungsi Penting Oli Gardan pada Motor Matic

Teknik Tambal Ban Mana yang Paling Ampuh, Dibakar atau Tip Top?

Fungsi Roller Pada Motor Matic yang Perlu Brad dan Sis Ketahui  

Benarkah Motor Tua Butuh Oli yang Lebih Kental?

Tips Merawat Spare Part Rantai Motor Agar Tak Cepat Rusak

Agar Tak Tertipu, Begini Tips Belanja Spare Part Motor di Online Shop

-->