Fungsi Roller Pada Motor Matic yang Perlu Brad dan Sis Ketahui  

Fungsi Roller Pada Motor Matic yang Perlu Brad dan Sis Ketahui   

Setiap kali Brad dan Sis berkendara di jalanan, pemandangan banyaknya motor matic yang lalu lalang jadi salah satu yang paling banyak terlihat. Kemudahan dalam menggunakannya, barangkalai jadi salah satu faktor yang membuatnya jadi primadona. 

Dibekali system yang Continous Variable Transmission atau CVT, motor matic memang diciptakan dapat berjalan tanpa gigi. Ya, cukup dengan tarik gas saja, roda dua ini sudah bisa jalan. Nah, karena cara kerja motornya berbeda dengan motor yang bergigi. Perawatannya pun tentu berbeda. Dan merawat roller pada motor matic adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan. 

Jadi komponen vital dalam systen CVT pada motor matic, berikut adalah beberapa fungsi Roller pada motor matic yang perlu Brad dan Sis ketahui. 

Mempermudah Gerakan Variator 

Karena Roller memegang peranan penting dalam system kerja motor matic, maka salah satu fungsi pentingnya adalah mempermudah gerakan variator. Itulah sebabnya, bentuk dari roller dibuat bulat. Dengan tujuan untuk mempermudah gerakan variator tersebut, karena jika sudah tidak bulat lagi maka pergerakan variator akan terganggu. Selanjutnya, jika kondisi ini sudah terganggu, biasanya akan berpengaruh pada motor matic yang dimiliki. Jadi, sebaiknya Rollernya diganti dengan yang baru. 

Mengatur Besar Kecilnya Diameter Pulley

Fakta lain yang juga perlu Brad dan Sis ketahui, Roller pada sistem CVT tersebut terletak pada bagian pulley depan dan juga pulley primer. Bagian ini merupakan sebuah alat mekanis yang akan digunakan CVT untuk mendukung gerak dari vanbelt pada motor matic untuk menjadi penghantar daya yang dihasilkan oleh mesin ketika motor sedang dipakai untuk berjalan. Dengan demikian, kehadiran Roller tersebut akan membuat diameter pulley mengalami pembesaran dan pengecilan sesuai dengan tarikan gas sehingga motor matic dapatlah bergerak sesuai tarikan gas.

Dan yang Terakhir, Mengatur Akselerasi pada Motor 

Umumnya, tiap-tiap pabrikan melengkapi motor matic dengan Roller agar motor dapat mengatur akselerasi dan dapat berjalan dengan seimbang. Akan tetapi, jika Brad dan Sis ingin memberikan top speed pada motor matic yang dimiliki. Kalian bisa mengganti Roller bawaan pabrikan, dengan roller yang lebih berat. Namun jika Brad dan Sis justru ingin memperoleh akselerasi yang lebih, berarti harus mengganti roller tersebut dengan yang lebih ringan. Sebab, penggantian roller ke yang lebih ringan ini akan mengorbankan top speed yang juga lebih rendah. 

 

*SourceImg : Otomotifnet.com

WHAT'S NEW

Fungsi Penting Oli Gardan pada Motor Matic

Teknik Tambal Ban Mana yang Paling Ampuh, Dibakar atau Tip Top?

Agar Perjalanan Lancar dan Aman , Berikut Tips Turing dengan Motor Matic

Benarkah Motor Tua Butuh Oli yang Lebih Kental?

Tips Merawat Spare Part Rantai Motor Agar Tak Cepat Rusak

Agar Tak Tertipu, Begini Tips Belanja Spare Part Motor di Online Shop

-->