Benarkah Motor Tua Butuh Oli yang Lebih Kental?

Benarkah Motor Tua Butuh Oli yang Lebih Kental?

Konon, motor-motor keluaran terdahulu memiliki komponen mesin yang lebih renggang. Berbeda dengan mesin pada motor yang diproduksi sekarang, yang lebih rapat. Karena perbedaan dua kondisi ini, maka selama ini Brad dan Sis mungkin juga sudah mendengar jika motor dengan mesin tua membutuhkan oli yang lebih kental. Sedangkan, motor keluaran produksi baru butuh oli yang lebih encer. 

Memang sih, keduanya sama-sama berfugsi untuk melumasi bagian dalam mesin. Tapi, apakah motor tua memang membutuhkan oli yang jauh lebih kental? Sebelumnya, perlu Brad dan Sis ketahui, jika motor tua tak melulu dilihat dari tahun berapa ia diproduksi. Tapi juga bisa dilihat dari usia hitungan berapa kilometer jarak yang sudah ditempuh suatu motor. 

Pada beberapa kasus, motor tua yang memakai oli lebih kental itu adalah sesuatu yang normal dan sah-sah saja. Karena, motor tua sudah pasti memiliki tingkat  keausan yang lebih tinggi. Kondisi inilah yang kemudian melahirkan adanya gap atau celah antara piston dengan linernya. Nah, ketika situasi ini terjadi, maka dibutuhkan oli yang lebih kental untuk merapatkan piston. Brad dan Sis bisa melakukan pengecekan kondisi ini dari lubang knalpot motor. Jika memang sudah mulai gebul, maka sebaiknya ganti ke oli yang lebih kental saja. 

Namun pada kasus lain, bisa pula disimpulkan jika penggunaan oli pada motor yang lebih tua tak selalu harus yang lebih kental. Karena, berdasarkan perubahan teknologi, oli pelumas saat ini sudah mengalami perubahan. Jadi, tak jadi masalah jika motor lawas menggunakan oli yang lebih encer. 

Karena sesungguhnya, yang terpenting adalah mengganti oli pelumas secara berkala sesuai anjuran pabrikan asal motor. 

 

WHAT'S NEW

Fungsi Penting Oli Gardan pada Motor Matic

Teknik Tambal Ban Mana yang Paling Ampuh, Dibakar atau Tip Top?

Agar Perjalanan Lancar dan Aman , Berikut Tips Turing dengan Motor Matic

Fungsi Roller Pada Motor Matic yang Perlu Brad dan Sis Ketahui  

Tips Merawat Spare Part Rantai Motor Agar Tak Cepat Rusak

Agar Tak Tertipu, Begini Tips Belanja Spare Part Motor di Online Shop

-->