Mau Touring? Tiga Posisi Petugas Ini Penting Ada, Brosis!

Mau Touring? Tiga Posisi Petugas Ini Penting Ada, Brosis!

Jakarta, SMI - Suka touring beramai-ramai (group riding)? Enggak kompak jika gak diatur formasinya oleh para petugasnya. Berikut dijelaskan formasi dan fungsi 3 petugas yang bisa dibentuk agar perjalanan jarak jauh Anda lebih asyik, aman dan kompak. Setiap pengendara dalam kelompok wajib menyadari kemampuan masing-masing. Hal ini penting demi pengaturan formasi dalam kelompok berdasarkan beberapa aspek kunci.

Road Captain

 

Bertugas menetapkan aturan kelompok. Selain itu, ia juga harus melakukan survey jalur sekitar semingu sebelum touring dilakukan. Survey bertujuan untuk mengetahui titik-titik rawan. Misalnya, jurang, tikungan tajam, titik keramaian, serta kondisi jalan yang berlubang. Faktor lain yang harus diamati yaitu, tempat istirahat, stasiun SPBU, bengkel dan berbagai tempat penting lainnya. Tugas lain yang menjadi tanggungjawabnya yaitu melakukan kontrol keutuhan anggota. Jika ada yang tertinggal atau tersesat, captain harus mampu segera membuat keputusan untuk mengambil tindakan yang dapat ditempuh untuk menemukan kembali anggotanya.

 

Leader

 

Pengendara sepeda motor yang paling berpengalaman dalam kelompok berhak menduduki posisi ini. Saat touring berlangsung, leader berada di urutan paling depan. Ia wajib menguasai  berbagai bahasa isyarat bikers. Leader bertugas menetapkan kecepatan, arah, dan jalur perubahan kelompok. Leader bekerjasama dengan tail gunner yang berada di urutan paling belakang. Mereka berdua harus kompak. Maka seharusnya dilengkapi dengan perangkat telekomunikasi. Leader memilih tail gunner sebagai pasangannya.

 

Tail Gunner

 

Tail Gunner adalah biker yang bertugas menutup konvoi kelompok di bagian paling belakang. Walaupun berada di bagian paling bontot, tail gunner hendaknya juga dipilih yang punya pengalaman paling mumpuni. Tail gunner bertugas memberi informasi kepada leader segala sesuatu permasalahan yang dialami oleh anggota yang berada di belakang. Saat akan masuk ke jalur atau saat akan berbelok, tail gunner bertugas mengamankan kelompok dari mobil yang melaju dari arah belakang. Tail gunner biasanya berboncengan dengan seseorang yang bertugas berkomunikasi dengan leader dengan peralatan telekomunikasi. Bikers paling junior dan berpengalaman kurang, wajib dilindungi oleh bikers yang lebih berpengalaman. Bikers junior biasanya berposisi di tengah.

 

Formasi yang sudah dibentuk nggak asyik kalau nggak diterapin. Buruan touring, bro!

 

Foto: Suzuki GSX R150 Indonesia

WHAT'S NEW

Fungsi Penting Oli Gardan pada Motor Matic

Teknik Tambal Ban Mana yang Paling Ampuh, Dibakar atau Tip Top?

Agar Perjalanan Lancar dan Aman , Berikut Tips Turing dengan Motor Matic

Fungsi Roller Pada Motor Matic yang Perlu Brad dan Sis Ketahui  

Benarkah Motor Tua Butuh Oli yang Lebih Kental?

Tips Merawat Spare Part Rantai Motor Agar Tak Cepat Rusak

-->