Ganti Knalpot GSX-R150? Perhatikan Ini Dulu Brosis!

 Ganti Knalpot GSX-R150? Perhatikan Ini Dulu Brosis!

Jakarta, SMI - Mengganti atau memodifikasi knalpot standar dengan knalpot aftermarket sering dilakukan motormania. Termasuk, para pengguna Suzuki GSX-R150. Meski versi aftermarket resminya sudah disediakan, masih juga ada ‘Gixxer’ (sebuatan untuk para pemilik GSX 150 series) yang menggunakan tipe atau merek lain. Ingat, ada beberapa hal harus diperhatikan saat mengganti knalpot standar dengan produk racing atau aftermarket, brosis.   

Perfoma makin gahar! Itu yang diharapkan para Gixxer di Indonesia, saat mengaplikasi knalpot aftermarket. Alhasil, beragam merek dan model peranti ini pun mulai meramaikan lantai bursa part performa di Indonesia. Syah-syah saja dan memang hak setiap pemilik GSX-R150 jika melakukan hal tersebut. Hanya saja, dalam pemilihan produk peranti penyalur gas buang juga harus hati-hati.  

Paling utama yang harus dicermati, Suzuki GSX-R150 dilengkapi dengan teknologi modern. Salah satunya sensor O2 yang melekat di knalpot aslinya. Peranti itu terletak di leher knalpot yang berfungsi untuk mengukur takaran suplai bahan bakar ke mesin. Sensor O2 mengirim data ke ECU untuk menentukan suplai bahan bakar sesuai dengan kandungan O2. Sehingga porsinya bisa tepat, tenaganya kuat dan bahan bakar tidak boros.

Umumnya knalpot aftermarket GSX-R150 dan GSX-S150 yang tersedia saat ini tidak dilengkapi dengan sensor O2. Jika dipaksakan, terpaksa ECU harus dimanipulasi agar porsi bahan bakar bisa tepat. Namun dalam praktiknya, sering kali seting ECU tidak pas. Sehingga justru membuat proses pembakaran menjadi tidak maksimal. Ditandai dengan knalpot yang menembak-nembak saat mesin digeber. Jadi, bagaimana pun, sensor O2 harus tetap dipasang di motor Anda.

Hal lain yang wajib diperhatikan yaitu kesesuaian ukuran knalpot dengan fairing. Menurut pengalaman salah satu anggota Suzuki GSX R150 Indonesia di Jakarta. Jika tidak diperhatikan, fairing bisa menempel di bagian knalpot. Sehingga saat knalpot panas, fairing plastik tersebut meleleh dan merekat di knalpot. Disarankan agar baut ditambah dengan sekat karet agar knalpot tidak menempel di knalpot.

Selain itu konsultasikan juga dengan mekanik dealer tempat Anda membeli. Karena penggantian knalpot berkaitan juga dengan garansi. Gunakanlah produk-produk yang sudah direkomendasikan oleh pihak produsen dan dealer resmi Suzuki Anda, brosis.

 

WHAT'S NEW

Fungsi Penting Oli Gardan pada Motor Matic

Teknik Tambal Ban Mana yang Paling Ampuh, Dibakar atau Tip Top?

Agar Perjalanan Lancar dan Aman , Berikut Tips Turing dengan Motor Matic

Fungsi Roller Pada Motor Matic yang Perlu Brad dan Sis Ketahui  

Benarkah Motor Tua Butuh Oli yang Lebih Kental?

Tips Merawat Spare Part Rantai Motor Agar Tak Cepat Rusak

-->